Saturday, January 26, 2013

Indikator Pembangunan

Indikator Keberhasilan Pembangunan

Untuk mengukur tingkat keberhasilan pembangunan pada suatu masyarakat atau wilayah dalam suatu negara maka diperlukan tolak ukur dengan indikator-indikator yang sesuai dan relavan dengan pembangunan yang dilaksanakan.

Kuncoro (2000) pada dasarnya ada dua macam indikator, yaitu indikator ekonomi yang meliputi Gross National Product (GNP) perkapita dengan laju pertumbuhan ekonomi, Gross Domestic Product (GDP) perkapita dengan Purchasing Power Parity (PPP) dan indikator non ekonomi yang terdiri atas Human Development Index (HDI) dan Physical Quality Life Index (PQLI).

Indikator Ekonomi

1. Pendapatan Nasional  
Pendapatan nasional adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh faktor-faktor produksi yang digunakan untuk memproduksikan barang dan jasa dalam suatu tahun tertentu, (baca: Pendapatan nasional).

2. Net Economic Welfare
Pada dasarnya konsep Net Economic Walfare atau kesejahteraan ekonomi bersih berusaha menunjukan tolak ukur ekonomi yang lebih baik dengan cara mengkoreksi komponen-komponen yang ada dalam konsep GNP.

Indikator Non Ekonomi

1. Physical Quality of Life Index
Merupakan suatu indek komposit (gabungan) yang terdiri atas 3 indikator, yaitu kesehatan, gizi dan pendidikan. dari indikator-indikator tersebut dapat dilihat dari tingkat kematian bayi (infant mortality), usia harapan hidup pada umur satu tahun (life expectation at age one) dan tingkat melek huruf (literacy) pada suatu wilayah.

2. Human Development Index
Lebih dikenal sebagai indeks pembangunan manusia, dimana index ini diukur berdasarkan tiga indikator sebagai acuannya yaitu tingkat harapan hidup, tingkat melek huruf, dan pendapatan rill per kapita berdasarkan paritas daya beli.