Tuesday, January 29, 2013

Jenis Inflasi

Macam-macam inflasi

Pada artikel sebelumnya kita sudah berkenalan dengan "makhluk" yang bernama Inflasi, pada kesempatan kali ini akan di jelaskan mengenai macam-macam inflasi, baiklah langsung saja.

Pada dasarnya terdapat berbagai cara untuk menggolongkan macam-macam inflasi, yaitu:

Inflasi atas besar kecil nya laju inflasi

macam-macam inflasi1. Inflasi merangkak (< 5% setahun)

2. Inflasi ringan (5% - 10% setahun)

3. Inflasi sedang (10% - 30% setahun)

4. Inflasi berat (30% - 100% setahun)

5. Hyperinflasi (> 100% setahun) 

Inflasi atas faktor penyebab inflasi

1. Demand pull inflation 
Yaitu inflasi yag disebabkan karena permintaan masyarakat akan berbagai barang dan jasa terlalu besar (kenaikan permintaan).

2. Cost push inflation 
Yaitu inflasi yang disebabkan oleh kenaikan biaya produksi untuk menghasilkan barang dan jasa (kenaikan biaya produksi).

Inflasi atas sumber dari inflasi

1. Inflasi yang berasal dari dalam negeri (domestic inflation)
Inflasi ini merupakan inflasi yang terjadi dan bersumber dari dalam negeri, misalnya terjadinya defisit anggaran belanja yang dibiayai dengan pencetakan uang yang baru sehingga menyebabkan peningkatan jumlah uang beredar yang berujung pada naiknya harga-harga barang secara umum dan terus menerus atau Inflasi.

2. Inflasi yang berasal dari luar negeri (imported inflation)
Inflasi ini merupakan inflasi yang terjadi di dalam negeri namun bersumber dari luar negeri, misalnya terjadinya kenaikan harga barang-barang impor dari luar negeri atau karena berkurang nya pasokan bahan baku yang di impor dari luar negeri sehingga mengakibatkan terjadinya kelangkaan yang berdampak pada naiknya harga barang-barang tersebut.

Setelah dijelaskan mengenai macam-macam inflasi, insyaAllah di artikel berikutnya akan dijelaskan mengenai Cara mengatasi inflasi.

No comments:

Post a Comment