Tuesday, January 29, 2013

Inflasi

definisi inflasi Definisi inflasi

Saat ini bagi kita yang tertarik dengan ekonomi tentu sudah tidak asing lagi mendengar kata Inflasi atau Inflation, dimana baik di berbagai media cetak maupun media elektronik sering kita dengar atau jumpai "makhluk" yang bernama Inflasi ini, lalu apa dan siapa sebenarnya inflasi ini, mengapa nama nya begitu akrab di telinga orang masyarakat terutama mahasiswa ekonomi, baiklah langsung saja sekarang kita kenalan dengan inflasi yuk...?

Inflasi atau Inflation sering didefinisikan sebagai suatu keadaan dimana telah terjadi kenaikan dari harga-harga secara umum dan terus menerus.

Nah, dari definisi diatas terdapat dua hal yang harus diperhatikan yaitu terjadi nya inflasi haruslah secara umum dan terus menerus. lalu, apa makna dari kedua hal tersebut...? 

Hal ini bermakna bahwa kenaikan harga-harga barang dan jasa yang terjadi haruslah secara umum bukan khusus dan terjadinya kenaikan harga barang dan jasa itu secara terus menerus. contoh, apabila terjadi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), kemudian kenaikan BBM tersebut diikuti oleh barang-barang dan jasa lainnya, seperti harga sembilan bahan pokok (sembakao) terus ongkos dari berbagai angkutan darat juga naik, maka inilah yang disebut dengan Inflasi atau Inflation, tapi apabila kenaikan harga barang dan jasa yang terjadi hanya sekali saja dalam beberapa tahun, terus kenaikan harga barang-barang tersebut tidak menyebakan harga barang dan jasa yang lainnya ikut mengalami kenaikan maka hal ini tidak lah dapat dikatakan sebagai Inflasi.

Nah... sekarang sudah kenal  kan dengan Inflasi, nanti di artikel yang selanjutnya insyaAllah akan diperkenalkan pula mengenai Macam-macam inflasi, Cara mengatasi inflasi, dan Dampak inflasi terhadap pembangunan.

No comments:

Post a Comment