Sunday, January 27, 2013

Syarat Uang

syarat-syarat uang Syarat-syarat uang

Terdapat beberapa syarat-syarat uang yang harus di penuhi agar sesuatu benda dapat di kategorikan sebagai uang, yaitu:

1. Diterima secara umum
Diterimanya secara umum serta penggunaannya sebagai alat tukar, penimbun kekayaan dan standar cicilan utang diterima masyarakat secara luas karena dapat digunakan untuk di tukarkan kan dengan berbagai barang dan jasa

2. Nilainya stabil
Sesuatu benda yang menjadi uang haruslah memiliki nilai yang stabil agar dapat menjadi jaminan bahwa uang tersebut masih dapat digunakan di kemudian hari.

3. Penawarannya bersifat elastis
Jumlah uang yang beredar harus mencukupi kebutuhan dunia usaha (perekonomian), ketidakmampuan penyediaan jumlah uang untuk mengimbangi kegiatan usaha akan mengakibatkan perdagangan menjadi macet dan akan berpengaruh buruk terhadap perekonomian.

4. Mudah dibawa-bawa
Uang haruslah mudah dan dapat di bawa-bawa agar lebih memudahkan dalam melakukan transaksi.

5. Tahan lama
Dalam perpindahan uang dari tangan yang satu ke tangan yang lain mengharuskan uang tersebut dijaga nilai fisiknya, jangan sampai mudah rusak atau robek, karena apabila uang tersebut mudah rusak atau robek maka akan menyebabkan terjadinya penurunan nilai pada uang tersebut, sehingga uang haruslah tahan lama.

6. Dapat dibagi-bagi
Selain mudah di bawa-bawa maka uang juga haruslah mudah di bagi-bagi, sehingga memudahkan seseorang atau kelompok dalam melakukan transaksi baik dalam jumlah yang besar maupun dalam jumlah yang kecil.

Banyaknya syarat-syarat uang bagi suatu benda agar dapat dikategorikan sebagai uang juga tidak terlepas dari banyaknya kelemahan-kelemahan penggunaan uang di masa lampau (baca: Sejarah perkembangan uang), selain itu benda yang memiliki syarat-syarat uang pun juga masih memiliki beberapa fungsi dalam perekonomian (baca: Fungsi uang).

2 comments: