Thursday, April 18, 2013

Dampak Inflasi

dampak inflasi terhadap pembangunan

Dampak inflasi terhadap pembangunan

Beberapa bulan yang lalu saya sudah menulis beberapa materi perkuliahan terkait masalah inflasi, seperti Definisi inflasi, Macam-macam inflasi serta Cara mengatasi inflasi, dimana kesemua materi perkuliahan tersebut bersumber dari: AB Roswita. 2004. Ekonomi Moneter: Teori, Masalah dan Kebijaksanaan. Penerbit UNSRI: Palembang.  

 
Dan sekarang kita akan masuk ke materi selanjutnya yakni dampak inflasi, pada dasarnya terdapat beberapa dampak inflasi terhadap pembangunan, yaitu:

1. Dampak terhadap pemerataan
Dengan adanya inflasi akan mengakibatkan terjadinya perubahan dalam pola pembagian pendapatan dan kekayaan masyarakat. akibatnya akan terjadi ketimpangan di masyarakat, ibarat "kue pembangunan" dampak inflasi terhadap pembagian kue tersebut semakin tidak adil, dimana yang besar mendapat bagian semakin besar dan yang kecil mendapat bagian semakin sedikit.

2. Dampak terhadap output/ pertumbuhan ekonomi
Akibat adanya inflasi, pemerintah melalui Bank Indonesia akan berupaya mengurangi jumlah uang beredar menggunakan instrumen kebijaksanaan moneter, sehingga pada akhirnya hal tersebut akan menurunkan investasi masyarakat secara keseluruhan, yang kemudian akan berdampak terhadap penurunan produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu perekonomian.

3. Dampak terhadap perdagangan luar negeri
Kenaikan harga-harga akan menimbulkan akibat buruk pula terhadap perdagangan luar negeri, dimana kenaikan harga-harga didalam negeri menyebabkan barang-barang yang akan diproduksi di negara kita tidak dapat bersaing dengan barang-barang yang sama di pasar luar negeri. hal ini di akibatkan karena dengan adanya inflasi maka barang dan jasa di dalam negeri akan menjadi relatif lebih mahal di banding dengan barang dan jasa luar negeri, oleh karenanya ekspor kemungkinan akan menurun. 

4. Dampak terhadap RAPBN/ RAPBD
Kenaikan harga-harga yang cukup tinggi dan terus menerus akan mengacaukan rencana anggaran penerimaan dan pengeluaran pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, karena biaya anggaran rutin maupun anggaran pembangunan kemungkinan akan membengkak sehingga tidak sesuai dengan rencana anggaran berimbang yang sudah ditetapkan pada awal tahun anggaran.

5. Dampak terhadap kesempatan kerja
Akibat dari pengaruh inflasi ialah penurunan investasi swasta maupun pemerintah, yang disebabkan oleh terjadinya inflasi, kemudian dampak selanjutnya yang akan terjadi dari penurunan invesatasi tersebut adalah menurunnya jumlah penciptaan lapangan pekerjaan, dan hal ini berarti bahwa tingkat pengangguran akan meningkat.