Saturday, February 2, 2013

Mengatasi Inflasi

Cara-cara mengatasi inflasi

Pada artikel sebelumnya sudah di jelaskan mengenai Definisi inflasi dan Macam-macam inflasi, dan sekarang akan di bahas mengenai Cara-cara mengatasi inflasi. 

Dalam ilmu ekonomi terdapat dua macam kebijakan yang sering di ambil untuk mengatasi inflasi, yaitu kebijakan moneter dan kebijakan fiskal, namun sebelum memahami lebih lanjut ada baiknya saudara membaca terlebih dahulu mengenai Bank sentral.


cara-cara mengatasi inflasiKebijakan moneter

1. Menaikan reserve requirement 
Reserve requirement adalah perbandingan antara uang tunai yang ada di bank umum di tambah dengan demand depositnya pada bak sentral terhadap simpanan masyarakat pada bank yang bersangkutan. menaikan reserve requirement berarti mengurangi dana yang ada pada bank umum, akibatnya hal ini dapat mengurangi kemampuan bank umum untuk memenuhi permintaan kredit oleh masyarakat. dengan demikian dapat menyebabkan jumlah uang yang beredar menjadi lebih sedikit sehingga tekanan inflasi dapat dikurangi.

2. Politik pasar terbuka
Politik pasar terbuka adalah suatu kebijakan moneter yang dilakukan oleh bank sentral untuk menjual surat-surat berharga seperti obligasi pemerintah kepada masyarakat (SBI). dengan demikian maka jumlah uang beredar di tangan masyarakat berkurang dan sebagai gantinya bertambah obligasi pemerintah.

3. Menaikan tingkat bunga diskonto
Dengan menaikan tingkat bunga diskonto oleh bank sentral maka hal ini akan menyebabkan keinginan badan-badan kredit seperti bank umum untuk mengadakan pinjaman guna memenuhi permintaan masyarakat berkurang, sehingga hal ini juga mengurangi besarnya pinjaman kredit dari bank umum berkurang yang kemudian secara tidak langsung akan mengurangi laju inflasi. 

Kebijakan fiskal

1. Mengurangi pengeluaran pemerintah
Dengan melakukan kebijakan fiskal melalui upaya pengeluaran pemerintah maka hal ini juga dapat mengurangi laju inflasi, karena semakin sedikit biaya yang dikeluarkan pemerintah akan menyebabkan jumlah uang beredar yang ada di masyarakat akan semakin berkurang sehingga paling tidak laju inflasi dapat ditekan.

2. Menaikan pajak
Seperti kita ketahui bahwa jumlah uang beredar yang terlalu besar akan menyebabkan terjadi nya inflasi, maka dengan menaikan pajak diharapkan penghasilan seseorang akan berkurang, sehingga jumlah uang beredar pun ikut berkurang yang pada akhirnya akan berdampak pada penurunan laju inflasi.

3. Mengadakan pinjaman pemerintah
Rencana pinjaman pemerintah dari keynes ini terkenal dengan istilah Pinjaman paksaan, dimana dengan upaya tersebut sebagian dari gaji pegawai dan buruh dipotong untuk disimpan menjadi pinjaman pemerintah selama jangka waktu tertentu, sehingga jumlah uang beredar yang ada di masyarakat pun juga ikut berkurang yang pada akhirnya akan menurunkan tingkat inflasi.

Demikianlah beberapa kebijakan yang sering digunakan dalam mengatasi masalah inflasi, di artikel berikutnya insyaAllah akan dijelaskan mengenai Dampak inflasi terhadap pembangunan.

No comments:

Post a Comment