Friday, April 19, 2013

Indeks Gini dan Kurva Lorenz

Indeks gini

Indeks Gini adalah ukuran yang dikembangkan oleh statistikus Italia, Corrado Gini dan dipublikasikan pada tahun 1912 dalam karyanya, Variabilità e mutabilità.

Biasanya digunakan untuk mengetahui tingkat kemerataan dari suatu variabel, apakah telah terjadi ketimpangan atau tidak.

Dimana indeks tersebut berkisar antara 0-1. Semakin mendekati angka nol ini bermakna bahwa tingkat pemerataan dari suatu variabel cukup baik, tetapi apabila semakin mendekati angka satu ini menandakan bahwa telah terjadi ketimpangan atau ketidakmerataan.

Kurva lorenz

Sama seperti halnya dengan indeks gini, dimana kurva lorenz juga digunakan untuk mengetahui tingkat pemerataan dari suatu variable.

Hanya saja kurva lorenz menggunakan kurva yang berbentuk diagonal untuk menjelaskan tingkat pemerataan dari suatu variabel.

Dimana semakin mendekati garis diagonal maka hal ini menunjukan tingkat pemerataan dari suatu variabel semakin baik tetapi apabila semakin menjauhi garis diagonal dari pada kurva Lorenz maka hal ini menandakan telah terjadi ketidakmerataan pada suatu variabel.