Thursday, April 25, 2013

Mempertajam Mata Bathin Dan Indra Keenam

Beberapa waktu yang lalu saya membeli sebuah buku di salah satu toko buku online dengan judul Mempertajam Mata Bathin dan Indra Keenam, karya Imam Al Ghazali, terbitan Mitrapress. Buku tersebut saya beli beserta ongkir (ongkos kirim) sebesar Rp. 36.500 dan dalam waktu 3 hari setelah transfer pembayaran buku tersebut tiba di rumah melalui jasa pengiriman Tiki.

Sebetulnya beberapa tahun yang lalu tepat nya ketika saya kelas 3 SMA, saya sudah mempunyai buku tersebut, buku tersebut kaka saya beli di salah satu toko buku Palembang. Buku tersebut sering kali saya baca, dan saya pun membaca nya berulang-ulang, namun karena kesibukan menghadapi UN buku tersebut saya simpan dan ketika ingin membaca nya kembali saya sudah tidak menemukan buku tersebut, saya cari kesana kemari buku nya juga tidak ketemu, padahal buku tersebut belum selesai saya baca... :(

Kemudian saya memutuskan untuk mencari buku tersebut di beberapa toko buku yang ada di Palembang, namun ternyata dari 8 toko buku yang saya kunjungi tidak ada satu pun yang menjual buku tersebut, kalaupun pun menjual stok nya kosong. ternyata buku tersebut cukup langka... akhirnya saya pun mengikhlaskan kepergian buku tersebut... :(

Namun mungkin karena takdir, akhirnya buku tersebut kembali berada di tangan saya, semoga Allah membuka hidayah dan memberi kemudahan dalam mempelajari buku tersebut... :)



Sebenarnya buku tersebut merupakan intisari dari karya besar Al Hujjatul Syekh Imam Al Ghazali. Sumber aslinya adalah kitab kuning yang sudah langka, berjudul Mukhasyafatul Qulub. Terdapat 39 sub judul dari buku tersebut, yaitu:
  1. Taubat
  2. Mujahadah
  3. Membangkitkan Rasa Takut Kepada Allah
  4. Takwa Kepada Allah
  5. Menumbuhkan Cinta Sejati
  6. Riyadha Untuk Menguasai Nafsu
  7. Meninggalkan Syubhat
  8. Amanah
  9. Berpengharapan Baik Kepada Allah
  10. Sepuluh Keutamaan Lapar
  11. Zuhud
  12. Qanaah
  13. Menjaga Lidah
  14. Berserah Diri Seperti Mayat
  15. Menjernihkan Hati Dan Berlapang Dada
  16. Khusyu' Dan Tawadhu'
  17. Keyakinan Dapat Mencerahkan Mata Hati
  18. Sabar
  19. Muroqobah
  20. Ubudiyah
  21. Shidiq
  22. Dzikir
  23. Iradah
  24. Istiqamah
  25. Malu
  26. Tidak Bergantung Kepada Makhluk
  27. Firasat Yang Tak Pernah Salah
  28. Meraih Maqam Wali
  29. Fakir (Membutuhkan)
  30. Akhlak Sufi
  31. Murah Hati
  32. Ghirah (Cemburu)
  33. Tasawuf
  34. Kesufian Rasulullah Saw
  35. Adab (Kesopanan) Sufi
  36. Misteri Doa
  37. Memaknai Keesaan Allah Swt
  38. Ajaran Kematian
  39. Pertemuan Agung Yang Dirindukan
Mungkin beberapa pembaca ada yang sudah pernah membaca buku tersebut, saya sendiri belum 100% selesai membaca nya, namun di artikel selanjutnya InsyaAllah intisari dari 39 sub judul tersebut akan saya posting di blog ini agar kita dapat sama-sama belajar dan mempertajam hati, sehingga dapat lebih mendekatkan diri kita kepada Allah Swt. Amin...

No comments:

Post a Comment