Thursday, October 17, 2013

Tips Berkendara

Tips Berkendara sepeda motor

 

Tips berkendara sepeda motor

Motor merupakan sarana transortasi yang efektif karena bisa selap selip di kemacetan dan efisien karena lebih irit BBM jika di bandingkan dengan jenis kendaraan lain, tak heran jika saat ini mayoritas orang memiliki sepeda motor, tetapi hal ini mengakibatkan tingginya kecelakaan yang terjadi pada sepeda motor.

Berdasarkan pengalaman penulis dalam mengendarai sepeda motor maka terdapat beberapa tips sederhana dalam mengendarai sepeda motor sehari-hari, agar selamat dan sampai tujuan.

1. Niat

Hal ini sangat penting, dalam mengendarai sepeda motor kamu harus punya niat dan tujuan. niat nya naik motor pengen ngapain, apakah mau ke sekolah atau ketempat kerja. jika niat nya baik, mudah-mudahan selamat sampai tujuan.

2. Bersahabat dengan motor

Ini bermakna bahwa kamu harus mengerti betul seperti apa motor kamu, apa kelebihan dan kelemahan nya, bagaimana sepesifikasi nya dan seperti apa kondisi nya. Jika motor mu di rawat dengan baik maka motor mu akan selalu siap untuk mengantar mu ke tempat tujuan.

3. Doa

Dalam berkendara sepeda motor kita harus tahu bahwa ajal setiap saat bisa menghampiri kita, tidak sedikit orang yang meninggal ketika mengendarai sepeda motor, oleh karena itu penting bagi kita untuk sejenak berdoa kepada Tuhan semesta alam sekiranya memudahkan perjalanan kita karena sejauh apapun tujuan kita, kepada Nya lah tempat kita akan kembali.

4. Menggunakan helm dan kaca spion

Meskipun saat ini masih banyak orang yang tidak menggunakan helm dan tidak menggunakan kaca spion tetapi hal tersebut jangan kamu ikuti, helm berguna untuk mengurangi resiko jika terjadi benturan di kepala sedangkan kaca spion berguna untuk melihat kondisi bagian belakang sebelah kiri dan kanan. Karena bagaimanpun juga kita tidak tahu apa yang akan terjadi ketika di jalan.

5. Menikmati perjalanan

Tujuan nya yaitu agar dalam berkendara kita tidak buru-buru dan ugal-ugalan di jalan raya, tetapi santai dan selalu hati-hati sehingga kondisi fisik tidak gampang lelah. Karena ketika berkendara sepeda motor, tingkat konsentrasi harus selalu terjaga agar mata selalu fokus dengan apa yang akan terjadi di jalan raya.

Demikianlah tips sederhana berkendara sepeda motor secara aman dan nyaman dengan tujuan kita semua dapat selamat sampai tujuan, selamat berkendara :)

No comments:

Post a Comment