Sunday, January 27, 2013

Definisi Uang

definisi uang menurut para ahli Definisi uang menurut para ahli

Terdapat beberapa definisi uang menurut para ahli, antara lain:

1. Robertson (dalam bukunya Money,1922), uang adalah segala sesuatu yang umum diterima dalam pembayaran barang-barang.

2. R.S. Sayers (dalam bukunya Modern Banking, 1938), uang adalah segala sesuatu yang umum diterima sebagai pembayaran utang.

3. A.C. Pigou (dalam bukunya The Veil of Money), uang adalah segala sesuatu yang umum diterima sebagai alat tukar.

4. Albert Gailort Hart (dalam bukunya Money, Debt, and Economic Activity), uang adalah kekayaan dimana si empunya dapat melunaskan utang nya dalam jumlah tertentu pada waktu itu juga.

5. Rollin G. Thomas (dalam bukunya Our Modern Banking and Monetary System, 1957), uang adalah sesuatu yang siap sedia dan pada umumnya diterima umum dalam pembayaran pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta untuk pembayaran utang.

6. Walker, uang adalah semua barang yang melakukan tugas uang.

7. Drs. Manulang (dalam bukunya Ekonomi Moneter), uang adalah sesuatu yang diterima sebagai alat pengukur nilai, yang pada waktu bersamaan bertindak sebagai alat penimbun kekayaan.

8. Nopirin Ph.D, uang adalah sesuatu yang dapat dipakai atau diterima untuk melakukan pembayaran baik barang, jasa maupun utang.

Meskipun demikian terdapat syarat-syarat tertentu agar sesuatu dapat dikategorikan sebagai uang, selain itu uang juga memiliki beberapa fungsi-fungsi dalam perekonomian (baca: Syarat uang, Fungsi uang)

No comments:

Post a Comment